Tinggal di Lippo Cikarang vs Jababeka, Mana yang Terbaik?

Tinggal di Lippo Cikarang vs Jababeka, Mana yang Terbaik?

Saat mau membeli rumah di daerah Cikarang, jika keuangan Anda mampu, biasanya pilihannya adalah Lippo Cikarang residence atau Jababeka Residence. Tidak ada yang salah dalam membandingkan keduanya. Sebagai konsumen toh kita berhak memilih yang terbaik untuk tempat tinggal keluarga dan pertumbuhan anak-anak kita.

Saya sendiri pernah tinggal di kedua wilayah itu, dan merasakan suka dan dukanya tinggal disana. Jadi yang ditulis disini adalah pendapat pribadi sebagai seorang konsumen dan menikmati semua kekurangan dan kelebihan masing-masing kawasan. Teman-teman semua bisa menambahkan di kolom komentar.

Luas kawasan

Menurut saya kedua kawasan sama-sama luas dan nyaman. Baik Lippo Cikarang maupun Jababeka memisahkan antara residence dan kawasan industri. Mungkin hanya Lembah Hijau di Lippo Cikarang yang untuk akses menuju kesana harus melewati kawasan pabrik dan industry. Selain itu semua cluster telah dikelompokkan disatu lokasi.

Kedua kawasan, Lippo Cikarang dan Jababeka bahkan tidak mengijinkan untuk berjualan di dalam kompleks perumahan, tidak juga mengijinkan pedagang asongan untuk memasuki kawasan perumahan dengan alasan keamanan. Beberapa perumahan di Lippo masih mengijinkan 1 atau 2 rumah yang menjual sembako atau aqua/gas untuk konsumsi setempat. Tidak ada complain dari warga sekitar karena adanya mereka juga cukup membantu kebutuhan dapur tanpa harus jauh-jauh keluar kompleks.

Meskipun kedua kawasan diapit oleh perumahan setempat di sekelilingnya, namun secara umum masih cukup luas dan nyaman. Pihak developer juga menyediakan ruang hijau untuk tanaman dan bersantai.

Kuliner

Menurut saya kuliner untuk konsumsi rakyat banyak menengah ke bawah paling lengkap di Jababeka. Mulai dari kawasan pecenongan dari depan pertigaan Farmer Market sampai ke arah Tarum, dipenuhi oleh kuliner. Bahkan banyak juga yang modal gerobak doang udah bisa berjualan di daerah itu. Sepertinya Jababeka memang membuat sekitar kawasan tersebut menjadi daerah usaha. Sementara itu anchor tenant ( tenant besar dan terkenal ), baru-baru ini Jababeka membuat kawasan sendiri di Hollywood Junction. Disana Anda akan mendapatkan KFC, Breadtalk, Jco dan beberapa brand besar lainnya.

Selain itu, kuliner yang lainnya lebih banyak membuka di ruko.

Untuk Lippo Cikarang, lebih banyak lokasi untuk anchor tenant. Sepanjang jalan Thamrin akan dijumpai KFC, McDonald, Burger King dan kawasan khusus makanan seperti Citywalk. Anda akan dimanjakan lidahnya dengan berbagai brand yang sudah cukup terkenal disana.

Namun jangan harap untuk menemukan pedangan asongan atau gerobak yang berseliweran di kawasan Lippo, sungguh dilarang. Untuk Lembah Hijau Residence sepertinya lebih longgar karena masih bisa berjualan dipinggir jalan tanpa kena tegor pihak sekuriti.

Jika Anda mencari makanan khas daerah seperti soto, sate, batagor yang mudah ditemui dipinggir jalan, larilah ke Jababeka. Namun jika Anda mencari makanan yang telah memiliki nama, carilah di Lippo. Kuliner di Lippo terkonsentrasi terutama di sepanjang jalan Thamrin. Masakan korea dan jepang juga lebih banyak disana.

Shopping

Harus diakui sepanjang beberapa tahun saya tinggal di Cikarang ini, hanya Lippo Cikarang yang memiliki sebuah mall yaitu mall Lippo Cikarang. Jababeka tidak memiliki mall. Mereka hanya memiliki Giant dan rencananya bakal ada Plaza Indonesia dibangun disana, entah kapan. Semoga segera mungkin.

Terus terang ini agak menyulitkan jika Anda menyukai belanja dan tinggal di Jababeka. Jababeka membuat setiap tenant terpisahkan bahkan untuk parkirnya juga pisah-pisah. Bayangkan jika Anda ingin membeli barang elektronik, belanja makanan dan makan bersama keluarga, maka Anda akan melakukan hal tersebut di tiga lokasi yang berbeda.

Pertama Anda harus parkir di Giant untuk belanja bulanan, selanjutnya keluar untuk menuju Elektronik Solution yang dipisahkan oleh hotel, sesudah itu keluar lagi dan menuju Hollywood Junction untuk makan.

Itu sangat melelahkan..

Lippo memiliki mall yang meskipun tidak terlalu besar namun bisa menjadi seperti one stop shopping solution buat kita. Ada hypermart untuk belanja bulanan, Matahari untuk fashion dan banyak kuliner disana jika Anda kelaparan sesudah berbelanja. Satu lagi yang penting, hanya diperlukan 1 x parkir kendaraan Anda.

Menurut saya, ini adalah kelebihan dari Lippo Cikarang dibandingkan dengan Jababeka. Hal lain lagi adalah bahwa Lippo Cikarang ( Meikarta ) memiliki bioskop, nggak cuma satu bahkan 2 lokasi sekaligus yaitu di Mall Lippo Cikarang dan Meikarta. Pas ada film bagus, otomatis rakyat Jababeka akan beramai-ramai ke Lippo untuk menonton bioskop.

Jika Anda keluar sedikit dari Jababeka, akan menemukan pusat shopping yaitu SGC ( Sentra Grosir Cikarang ). Disana juga tersedia kebutuhan fashion dan juga kuliner. Entah SGC apakah masuk di kawasan Jababeka atau Cikarang?

 

Kondisi jalan

Secara umum, kondisi jalan di kedua kawasan relatif sama. Bisa dibilang cukup mulus. Meskipun ada beberapa lokasi yang kurang bagus terutama di Jababeka yaitu di Jalan pecenongan. Tampak beberapa spot kurang mulus. Mungkin karena banyak kendaraan berat juga melalui jalan tersebut.

Untuk di kawasan Lippo, kondisi jalan yang butuh perbaikan adalah di antara simpang Meikarta ( orange county ) dan simpang central park lippo. Jarak tempuhnya tidak jauh mungkin hanya sekitar 150 meter namun karena banyak kendaraan proyek melintas disana, banyak terdapat lobang yang cukup membahayakan pengendara terutama sepeda motor.

Keamanan

Di kedua kawasan menggunakan system cluster dimana terdapat gerbang dan security disana. Mobil patroli juga ada di kedua kawasan bahkan termasuk juga mobil pemadam kebakaran.

Saat ini pihak Lippo Cikarang menggunakan system elektronik yaitu kartu akses untuk tamu maupun penghuni cluster. Tinggal ditempel, maka gerbang/portal akan terbuka.

Untuk Jababeka masih menggunakan system manual oleh security yang bertugas. Namun untuk keamanannya relative sama. Sekuriti juga sering keliling cluster untuk melakukan pengecekan berkala.

 

Fasilitas Umum

  1. Airport bus : Kedua kawasan memiliki bus menuju ke airport. Jababeka dari Hollywood Junction, Lippo dari Hotel Sahid
  2. Blok M bus : Kedua kawasan juga memiliki bus menuju blok M
  3. Bus ke Bandung : Hanya di kawasan Jababeka, berangkat dari Hollywood Junction

 

Itu kira-kira beberapa hal yang dibahas oleh www.lensacikarang.com sebagai perbandingan tinggal di Lippo Cikarang vs Jababeka. Jika Anda punya komentar, silahkan ditulis dibawah ya..

 

Spread the love

1 Comment
  1. Wow! Terima kasih untuk Lensa Cikarang! Ini sangat informatif dan sangat membantu terutama bagi calon konsumen yang tengah memilih tempat hunian di daerah Cikarang.

Leave a reply

X
- Enter Your Location -
- or -
Ganti Bahasa »
Compare items
  • Total (0)
Compare
0