Tinggal di Kawasan Industri Cikarang? Inilah 9 Suka dan Duka yang Mau Tak Mau Harus Kamu Jalani

Tinggal di kawasan industry Cikarang termasuk didalamnya ada MM2100, Deltamas, Lippo Cikarang dan Jababeka memang menyisakan suka dan duka yang mau tak mau akan kita hadapi. Inilah 9 suka dan duka yang bakal kamu jalani saat tinggal di Cikarang yang merupakan kota industri

  1. Banyak pendatang baru

Kota dengan banyak pabrik dan industry bagaikan magnet yang menyedot pendatang yang ingin mengadu nasib di kota Cikarang. Tercatat lebih dari 1000 perusahaan yang tersebar diseluruh penjuru Cikarang. Jumlah tersebut tentu membutuhkan banyak tenaga kerja baru. Karyawan lama bisa tetap bertahan dan beranak-pinak disana atau tersingkir dan mencari pekerjaan baru dikota yang lain. Karena itulah rata-rata kontrakan dan rumah kosan di Cikarang cukup laris.

  1. Harga-harga yang selangit

Beragamnya penghasilan membuat harga-harga di kota Cikarang kadang lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota lain misalnya Bekasi atau Bandung. Meskipun jika dilihat dari ketersediaan sarana lebih lengkap kota lain, namun banyak harga-harga yang justru lebih mahal di Cikarang dibandingkan dengan kota lainnya.

  1. Polusi

polusi udara via hallosehat.com

Hal ini sudah menjadi resiko. Baik itu polusi air, udara ataupun suara. Banyaknya cerobong asap dan kendaraan baik yang berat ataupun ringan ( baca: motor ) menambah polusi disepanjang jalan. Belum lagi jika rumah Anda memang berdekatan dengan salah satu pabrik, itu semua polusi akan bercampur dan rasanya kurang segar. Piknik yukk..

  1. Kemacetan

Macet tambun cikarang via poskota news

Untuk kawasan didalam residence biasanya tidak terlalu macet. Namun kemacetan parah biasanya terjadi di jalur pintu keluar seperti perempatan Hyundai, atau EJIB. Jalan menuju Kalimalang jika melewati MM2100 juga sangat macet di jam pulang kantor.

  1. Bermunculan banyak tempat hiburan

spa via imagefreehd.com

Banyaknya pendatang baik lokal maupun asing juga membawa daya tarik bagi para pebisnis hiburan. Mulai dari karaoke, bilyar, spa, pijit, diskotik, lounge banyak bertebaran di Cikarang. Kawasan seperti Lippo mengumpulkan semua di daerah Singaraja dan beberapa ruko di jalan Thamrin. Di  luar kawasan, bisnis hiburan banyak di ruko sentra niaga di samping kanan kiri tol Cikarang Barat.

  1. Jalan mudah rusak

Bukan rahasia lagi kalau jalanan cepat sekali rusak. Begitu musim penghujan tiba, jalan-jalan banyak yang berubah menjadi kubangan. Bahkan selain musim penghujan, jalan juga banyak rusak karena dilintasi oleh mobil-mobil besar dan bermuatan tonase berat. Jalan menuju tol Cikarang barat banyak yang rusak dan berlubang, juga jalan di kawasan luar Lembah Hijau juga banyak yang rusak. Beberapa jalan di Cikarang baru tampak berlobang.

Meskipun telah dilakukan tambalan aspal, namun masih sering rusak oleh karena cuaca ataupun kendaraan berat. Mungkin solusinya dibuat jalan beton tebal.

  1. Penghasilan yang tinggi

Cikarang termasuk no 2 daerah dengan penghasilan tertinggi ( UMK ) di seluruh Indonesia. Tahun 2017 UMK nya mencapai 3,6 juta rupiah. Bandingkan dengan gaji pekerja dengan jenis pekerjaan yang sama di kota lain misalnya tegal atau Yogyakarta yang hanya 1,xx juta rupiah. Hal tersebut yang membuat banyak orang memilih bekerja di daerah Cikarang. Gaji segitu belum termasuk lembur dan lain-lain loh..

  1. Lebih mudah mencari pekerjaan sejenis

Banyaknya industry yang sejenis membuat seorang karyawan bisa dengan mudah berpindah pekerjaan bahkan dibajak oleh perusahaan lain. Misalnya Anda bekerja di perusahaan metal A, kalau bosen, tinggal pindah saja ke perusahaan metal B, bahkan mungkin itu hanya di seberang dari kantor sebelumnya.

  1. Banyak kuliner baru

Ini salah satu yang mengasyikkan. Karena banyak pendatang dari berbagai macam daerah, banyak juga jenis-jenis kuliner yang muncul dengan khas daerah masing-masing. Mulai dari yang pinggir jalan ataupun yang di restoran termasuk makanan korea dan jepang. Sesuaikan saja denga nisi kantong masing-masing.

 

 

Spread the love

Berikan Pendapatmu

Leave a reply

X
- Enter Your Location -
- or -
Ganti Bahasa »
Compare items
  • Total (0)
Compare
0