Jalan layang Akses Dry Port Atau Pelabuhan Darat Cikarang Segera Dibuka

Jakarta – Guna mengurai kepadatan lalu lintas terutama untuk lalu lintas kendaraan truk, Jalan layang Akses Dry Port Atau Pelabuhan Darat Cikarang Segera Dibuka. Jalan sepanjang 3,06 km sedang dalam uji laik fungsi.

Menurut kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan jalan akses ini nantinya akan dilengkapi dengan gerbang tol yang berfungsi untuk menarik transaksi bagi kendaraan yang ingin keluar menuju akses dry port Cikarang.

Menurut Herry, meski akses dry port Cikarang terintegrasi dengan tol Jakarta-Cikampek, namun kendaraan yang masuk ke jalan akses sepanjang 3,06 km ini tak lagi akan dikenakan tarif tambahan.

“Jadi nggak ada tambahan, cuma karena dia keluar di dryport, ada tarifnya. Tapi sama dengan tarif yang eksisting, hanya disesuaikan dengan lokasi,” katanya.

Jalan Akses Dry Port Cikarang ini dirancang sepanjang 3,06 kilometer dengan lebar 7 meter yang berada di lahan seluas 7 hektar. Dengan adanya jalan akses dry port ini, truk kontainer yang menuju atau dari Cikarang tidak perlu lagi melewati tol Jakarta-Cikampek.Cikarang Dry port adalah merupakan perpanjangan pintu gerbang Pelabuhan Internasional Tanjung Priok. Didalam kawasan ini dibangun fasilitas yang merupakan pelayanan terpadu satu atap pengurusan barang industri, mulai dari dokumentasi, pemeriksaan hingga perizinan.

Pemerintah saat ini sedang mengenjot percepatan pengurusan perijinan disegala bidang, bahkan mengingat pentingnya fasilitas ini bagi kawasan industri di kawasan Jababeka dan sekitarnya, pemerintah membangun akses langsung berupa jalan tol dan flyover yang terhubung langsung dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Jalan layang ini dibangun dengan anggaran 255 miliar oleh pemerintah melalui Ditjen Bina Marga. Pembangunan jalan ini juga dibarengi dengan pembangunan flyover Pasir Gombong, yang akan menghemat waktu dan biaya pengiriman hingga perizinan barang-barang kargo yang akan dikirimkan dari kawasan Industri Cikarang ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Meski pembangunan flyover pasir gombong saat ini belum rampung, namun kendaraan nantinya tetap dapat melewati akses jalan cikarang dry port dilanjutkan ke kawasan Jababeka dan jalan Cibarusah. Dibukanya jalan akses ini akan mengurangi kelebihan kapasitas pelabuhan tanjung priok dan mengurai truk di tol Jakarta-Cikampek.

lensacikarang.com/dtk

Spread the love

Berikan Pendapatmu

Leave a reply

X
- Enter Your Location -
- or -
Ganti Bahasa »
Compare items
  • Total (0)
Compare
0